Kamis, 27 September 2018

Stephen William Hawking, Keterbatasan Bukan Alasan Menaklukkan Dunia

Sebuah pelajaran dan kisah inspirasi yang kita dapatkan dari orang-orang yang mempunyai fisik tidak sempurna atau cacad. Mereka memang tidak mempunyai fisik sempurna seperti kita, tapi mereka mempunyai segudang prestasi yang mungkin belum tentu kita dapat menyamainya. Orang cacat tidak menutup potensiyang dimiliki.cacat fisik bukan berarti cacat kognitif:

Contoh orang yang cacat namun berprestasi

Foto hitam putih Hawking di NASA
Stephen William Hawking
Lahir di oxford inggris 76 tahun silam, tepatnya 8 januari 1942, adalah fisikawan teoretiskosmologi, pengarang, dan Direktur Penelitian Centre for Theoretical Cosmology di Universitas Cambridge, Karya-karya ilmiahnya meliputi kolaborasi bersama Roger Penrose tentang teorema singularitas gravitasi dalam kerangka relativitas umum dan prediksi teori bahwa lubang hitam mengeluarkan radiasi (biasa disebut radiasi Hawking). Hawking adalah orang pertama yang memaparkan teori kosmologi yang dijelaskan dengan menggabungkan teori relativitas umum dan mekanika kuantum. Ia adalah pendukung interpretasi multidunia mekanika kuantum.
Hawking adalah Anggota Kehormatan Royal Society of Arts (FRSA), anggota seumur hidup Pontifical Academy of Sciences, dan penerima anugerah Presidential Medal of Freedom, penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat. Pada tahun 2002, Hawking menempati peringkat 25 dalam jajak pendapat 100 Greatest Britons oleh BBC. Ia menjabat sebagai Guru Besar Matematika Lucasiandi Universitas Cambridge pada tahun 1979 sampai 2009. Ia dikenal sebagai penulis buku sains populer yang membahas teorinya sendiri dan kosmologi secara umum. Bukunya, A Brief History of Time, masuk daftar buku terlaris Britania Raya versi Sunday Timesselama 237 pekan.
Hawking mengalami sklerosis lateral amiotrof (ALS) yang lambat, dini, dan langka (juga dikenal sebagai penyakit saraf motorik atau penyakit Lou Gehrig) yang melumpuhkan tubuhnya secara perlahan selama puluhan tahun.Sepanjang hidupnya, ia berkomunikasi menggunakan satu otot pipi yang tersambung dengan alat bicara. Hawking meninggal dunia tanggal 14 Maret 2018 pada usia 76 tahun


0 komentar:

Posting Komentar

Manusia Sebagai Titah Tuhan

ti·tah n kata; perintah (biasanya dr raja) yg harus dipatuhi: -- raja harus dipatuhi; (Arti Kata "titah" Menurut KBBI) Minggu In...